Jumat, 02 Mei 2014

Wawasan Pengetahuan


ASAL MULA PIGORA

Teman-teman, tahukah kalian apa itu Pigora ? Nama itu pasti sudah tidak asing lagi terdengar di indra pendengaran kita, kalau sudah ngomongin tentang pigora pasti terbesit tentang sebuah foto. Why ? karena pigora memang berfungsi untuk memasang foto.
 Bingkai foto (bahasa Inggris: photo frame) atau bingkai gambar (bahasa Inggris: picture frame) atau sering disebut pigura adalah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan.
Bentuk bingkai biasanya persegi panjang atau oval.
Bingkai foto atau bingkai lukisan biasanya dibuat dari kayu atau logam, dan kadang-kadang memiliki selembar kaca untuk melindungi bagian lukisan/gambar yang dipasang. Bingkai ada yang dilapisi cat ataupun kulit sintetik.
Bingkai foto/gambar biasanya dipasang di dinding, atau didirikan di atas meja meja. Bingkainya sendiri sering dinilai sebagai sebuah karya seni.
Fungsi Pigura untuk membuat foto, lukisan, gambar agar lebih menarik dan indah. Berbagai macam bentuk baik modern, klasik maupun minimalis dari harga ribuan sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah tersedia dibanyak tempat di Indonesia.
Bisa juga loh pigora dibuat menjadi seperti barang antik J
Mau tahu caranya ? yaitu :

1.Alat dan bahan yang dapat digunakan adalah:

-Pigura(berprofil)
-Kuas

-Lap bersih (sebaiknya dari bahan kaus katun)
-Amplas no. 180
-Cat pewarna
-Cat glaze
-Sealer

2.Pertama-tama, bersihkan permukaan pigura menggunakan amplas. Langkah ini bertujuan agar pigura terbebas dari kotoran, debu, lem, oli, minyak, dll. yang bisa membuat cat tidak menempel dengan baik.

3.Langkah berikutnya adalah pewarnaan kayu. Kayu yang berwarna terlalu muda (pucat) perlu diwarnai agar menjadi lebih merah, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih baik. Proses pewarnaan ini menggunakan cat khusus berwarna merah transparan, yang tetap memperlihatkan serat alami kayu. Aplikasikan cat warna ini dengan kuas atau spray, tergantung besarnya bidang yang akan dicat.

4.Tahap selanjutnya adalah proses sealing. Proses ini berfungsi untuk melapisi cat pewarna agar nantinya tidak tercampur dengan cat glaze. Cat sealer juga bisa digunakan untuk cat pelapis akhir (coating). Pengaplikasian cat ini juga bisa menggunakan kuas atau spray.

5.Cat glaze adalah suatu bahan pewarna yang dapat memberikan efek antik, usang dan tua. Kuaskan cat glaze pada pigura. Segera sebelum cat ini kering, lap menggunakan lap kaus katun. Dengan langkah ini, cat pada permukaan kayu akan terhapus, tetapi cat yang masuk ke dalam pori-pori atau serat kayu dan bidang berprofil bagian dalam tetap tertinggal. Efek ini akan menonjolkan profil pada pigura.

6.Langkah terakhir adalah pelapisan akhir (coating). Pelapisan akhir perlu dilakukan untuk melindungi cat secara keseluruhan. Cat yang digunakan bisa yang jenis glossy atau matt tergantung selera teman-teman.

Nah, selesai deh , gampang kan ? kalau kalian ingin melihat hasilnya silahkan mencoba sendiri di rumah, atau boleh ditambah dengan kreativitas kalian sendiri, kalian bisa memodifnya sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi dan tentunya kalian bisa membantu orang tua kalian dengan mendapatkan rupiah sendiri loh J
Selamat Mencobaa !! semoga artikel kali ini bermanfaat ya kawan J

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar